Sejarah dan Perkembangan Alat Musik Drum

Alat musik merupakan instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Alat musik sering digunakan untuk mengiringi suatu lagu. Ada banyak jenis alat musik, mulai dari alat musik pukul, alat musik gesek, alat musik tiup, alat musik petik, dan alat musik petik. Pada artikel kali akan membahas salah satu dari jenis alat musik pukul, yaitu: drum. Alat musik yang satu mungkin sering kita lihat dan dengar. Apakah Anda tahu bagaimana sejarah adanya drum? Jika belum, ikuti terus artikel di bawah ini.

Pengertian Drum

Drum merupakan salah satu dari anggota kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, Bodhrán, Ashiko, snare drum, bass drum, tom-tom, beduk, dan lain-lain.

Dalam musik pop, rock, dan jazz, drums biasanya mengacu kepada drum kit atau drum set, yaitu sekelompok drum yang biasanya terdiri dari snare drum, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan kadang ditambah berbagai alat musik drum listrik. Orang yang memainkan drum set disebut “drummer”.

Bagian-bagian dari sebuah drum set antara lain :

  • Bass Drum
  • Snare Drum
  • Tom Tom, tom tom ini terbagi menjadi dua yaitu mounted atau rack tom untuk tom tom yang menggunakan penopang, dan floor tom untuk tom tom yang menggunakan kaki.
  • Cymbal, untuk cymbal terbagi lagi ada hi hat, crash cymbal, ride cymbal, chinese cymbal, splash cymbal, effect cymbal.
  • Hardware, antara lain kursi drum, stand cymbal, pedal, stand hi hat, tom holder.

Biasanya drum dibagi berdasarkan kelasnya, ini dibagi menurut tingkat harganya. Ada yang disebut entry level atau drum untuk pemula. Ada juga drum untuk kelas menengah dan ada juga drum untuk kelas atas. Biasanya drum untuk kelas menengah dan kelas atas, membeli drum tidak disertai dengan cymbal. Untuk cymbal harus membeli tersendiri.

Shell atau selongsong adalah pembentuk dari sebuah drum. Shell atau selongsong ini bisa terbuat dari kayu atau dari besi. Karakter dari shell ini akan mempengaruhi kepada suara yang nantinya dihasilkan oleh drum tersebut. Biasanya shell yang terbuat dari besi karakter suaranya adalah tajam dan attack, sementara karakter suara dari drum yang terbuat dari kayu adalah hangat.

Sejarah Alat Musik Drum

Sejarah alat musik drum berawal dari munculnya peradaban manusia. Dahulu, pukulan drum telah dikaitkan dengan kelahiran manusia. Karena, drum, saat itu merupakan alat musik yang sering kali digunakan di hutan, yang disebut juga membranophone, yang berarti sebuah alat musik yang mengeluarkan suara dari selaput (sebuah lengkung stik) yang berkepanjangan dan mengesankan bagi setiap objek yang mendengarkannya.

Alat musik drum sudah ada sejak tahun 6000 SM. Di dalam gua-gua di negara Peru, terdapat beberapa lukisan yang tertempel pada dindingnya, yang menggambarkan bahwa alat musik drum bisa digunakan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Contohnya suku Indian, mereka menggunakan labu dan batang kayu untuk membuat alat musik drum. Dan, biasanya mereka menggunakan alat musik drum tersebut untuk kepentingan upacara-upacara ritual adat istiadat mereka.

Drum tidak hanya digunakan untuk menghibur diri saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi, contohnya budaya suku Afrika. Biasanya, meraka mengandalakn alat musik drum sebagai alat untuk mengekspresikan diri mereka, juga digunakan sebagai alat untuk menyampaikan pesan penting melalui serangkaian pukulan drum disepanjang hutan tempat tinggal mereka tinggal.

Drum set modern mulai tercipta pada tahun 1890-an dan dikembangkan oleh orang- orang Afrika-Amerika di Amerika Selatan. Ketika itu grup-grup band memainkan drumnya sambil berdiri dan dimainkan dalam bentuk parade dan berkeliling dijalanan kota. Saat itu perangkat drum belum disusun dalam satu kesatuan, tetapi masih terpisah- pisah dan satu alat dimainkan oleh satu orang.

Semisal snare drum dimainkan satu orang, bass drum dimainkan satu orang, begitu pula cymbal dimainkan oleh satu orang dengan cara mengadu dua buah cymbal. Grup musik keliling ini mirip dengan marching band yang jamak kita jumpai saat ini. Mereka memainkan trombone dan trumpet didalamnya. Grup musik seperti ini banyak terdapat di daerah New Orleans dan terbentuk secara tradisional.

Perkembangan selanjutnya pada tahun 1909, Ludwig bersaudara yaitu William Ludwig dan Theodor Ludwig menemukan penemuan baru, yaitu sistem pedal yang dapat membunyikan bass drum. Diameter bass drum pada saat itu sangat besar, yakni 26 hingga 30. Drum set ini dilengkapi dengan beberapa roda pada bagian bawah bass drum yang memudahkan perangkat drum bergeser saat didorong.

Selain itu juga ditemukan cymbal untuk hi–hat, namun sayangnya belum menggunakan perangkat stand. Hi–hat dahulu nya hanya diletakan di bawah lantai dan dibunyikan dengan pijakan kaki kiri. Sebenarnya perangkat cymbal sudah diproduksi dan digunakan sekitar abad ke–16 oleh orang–orang Arab dan Turki, hanya saja penggunaannya belum dalam bentuk perangkat alat musik drum.

Selanjutnya, pada tahun 1960-an, perkembangan drum kit mulai melesat. Berawal dari para pemain drum aliran musik rock yang telah bangkit. Drum kit kembali ditambahkan alat, yaitu tambahan tom-tom dan gembrengan, serta bass drum lain untuk meningkatkan kecepatan pada drum tersebut. Kemudian dari sini muncullah drum elektronik yang dapat menghasilkan berbagai jenis suara. dan, hingga saati ini, alat musik drum masih digunakan dalam berbagai kontes musik di seluruh dunia.

Jenis-jenis Drum Set

Ketika Anda ingin belajar bermain drum, tentunya hal yang harus diketahui terlebih dahulu berbagai jenis drum set yang hendak dimainkan. Hal ini dikarenakan bila Anda tidak mengenali jenis-jenis tersebut tidak akan bisa bermain drum dengan baik. Drum sendiri merurupakan serangkaian alat musik perkusi.

Drum memiliki berbagai ukuran dan bentuk yang dirankai menjadi sebuah drum set atau drum kit. Akan sangat lebih baik, bila mengetahui jenis-jenis drum set atau drum kit para drummer dunia terlebih dahulu sebelum mempelajari teknik dan cara bermain drum supaya bisa menjadi inspirasi dalam mengeset drum nantinya. Berikut ini adalah berbagai jenis – jenis drum kit atau drum setnya yang perlu Anda ketahui:

  • Drum Set Akhira Jimbo

Akhira Jimbo adalah drummer terkenal asal Tokyo-Jepang yang mempunya ciri khas dalam set drum yang ia mainkan. Ciri khasnya adalah dengan menggabungkan drum akustik dengan drum eketrik. Hal tersebut menyebabkan jenis set drum yang ia buat bisa mengeluarkan berbagai macam instrimen musik.

  • Drum Set Neil Ellwood Peart

Neil Ellwood merupakan seorang drummer asal Kanada. Sebagai seorang drummer yang independent dia banyak menghasilkan variasi intrumen drum yang sangat unik. Ia memiliki sendiri jenis drum set yang ia gunakan. Ia menggunakan jenis set drum melodic estonanto. Jenis set tersebut sangatlah unik dan memiliki ciri khasnya tersendiri. Dengan jenis set tersebut ia dapat membuat sebuah komposisi orchestra hanya dari drumnya dengan menggunakan metric modulations dan polyrhythems. Jenis set drum tersebut dinamai SS Bozzio.

  • Drum Set Travis Barker

Travis Brker merupakan drummer asal Amerika dengan aliran pop punk. Dia mulai terkenal saat menggantikan drummer Blink 182. Travis Barker menggunakan DW hardware dan pedals pada set drumnya. Ia juga menambahkan zidijan stick, remo heads, Lp Percussion dan juga roland electronics. Travis Barker menggunakan drum orange country drum and percussion dalam glowstick green acylic.

  • Drum Set Nathan Jonas Jordison

Nathan Jonas Jordison merupakan seorang drummer yang lahir pada 26 April 1975. Ia sudah pernah menjadi drummer band-band terkenal seperti metalllica, korn, monisty, satyricon dan masih banyak lai. Ia mempunyai jenis drum setnya sendiri. Di dalam setnya tesebut ia juga menggunakan pearl hardware dan ahead sighnature model stick.

  • Thomas Lang

Thomas Lang adalah seorang drummer asal Austria. Ia mulai bermain drum saat usianya baru menginjak 5 tahun. Ia sudah pernah menjadi drummer dari berbagai penyanyi, band dan juga musisi terkenal dunia. Dalam jenis drum set yang ia susun sendiri, ia menggunakan drum dari Sonor dan menggabungkannya dengan simbal Meinl. Thomas Lang pun juga terknal karena permainan stick trick.

Demikian artikel tentang alat musik drum yang mungkin belum Anda kurang ketahui. Semoga dengan adanya artikel di atas bisa membantu Anda dan menambah wawasan tentang drum. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya. Terima kasih.