Band Rock Wanita Jepang Yang Populer

Jepang terkenal sebagai salah satu negara dengan banyak sekali budaya pop. Mulai dari anak muda yang menggandrungi musik hingga anime tersebar di seluruh penjuru Jepang. Dari segi musik sendiri banyak sekali genre yang menjadi favorit warga muda negara matahari terbit itu. Mulai dari Pop, Hip-Hop, Metal hingga rock berhasil memikat kuping mereka. Di distrik Harajuku, Shinjuku dan Shibuya di kota Tokyo sering terlihat anak-anak muda dengan setelan genre musik yang mereka sukai.

Bermain alat musik dan bernyanyi adalah hak setiap orang. Tak pandang usia dan jenis kelamin. Di Jepang, banyak cewek yang bergabung membuat suatu band yang bergenre Rock. Waww! cewek jadi penyanyi rock!.. Pada umum nya kebanyak band yang bergenre Rock bervokalis cowok ataupun memiliki anggota band yang notaben nya cowok semua. Tapi Jepang berbeda, dia memiliki band rock ala cewek. Penasaran gimana band rock ala cewek Jepang? Yuk, simak deretan nama band rock cewek Jepang.

1. Chatmonchy

Band rock yang satu ini awalnya terdiri atas tiga personel, yaitu Eriko Hashimoto (gitar dan vokal), Akiko Fukuoka (bass dan chorus), dan Kumiko Takahashi (drum, chorus). Kumiko yang berasal dari Prefektur Tokushima, Pulau Shikoku akhirnya mengundurkan diri. Chatmochy berada di bawah sublabel Sony, Ki/oon Records. Sejumlah album dan lagu yang sudah pernah ditelurkannya antara lain Miminari, Henshin, Chatmonchy ni Naritai, dan You More.

2. Tsu Shi Ma Mi Re

Jika diperhatikan, wajah trio gadis rocker ini sangat imut-imut. Namun, siapa sangka ternyata mereka adalah band rock. Tsu Shi Ma Mi Re kerap tampil dibanyak festival J-pop di Jepang. Mereka berasal dari Prefektur Chiba dan mengusung musik beraliran punk rock eklektik, yaitu campuran suara instrumen berisik dan pop dengan musik istimewa, unik, lirik yang lucu. Sejumlah album yang sudah mereka hasilkan antara lain Pregnant Fantasy, Noumiso Shortcake, dan Giving Blood.

3. Scandal

Band ini beraliran pop rock Jepang. Aslinya mereka berasal dari Osaka dan dibentuk pada Agustus 2006. Awalnya, personel Scandal hanyalah empat orang siswa SMA. Mereka mulai bermain musik di jalanan, level indie, sampai mereka akhirnya menandatangani kontrak eksklusif dengan label indie Kitty Records. Selalu tampil di panggung dengan berpakaian sekolah ala siswa SMA adalah ciri khas mereka. Keempat personelnya adalah Haruna Ono, Rina, Mami Sasazaki, dan Tomomi Ogawa. Sederet album yang sudah mereka hasilkan di antaranya Scandal Show, Queens are Trumps, Baby Action, Harukaze, Doll, dan Pride. Beberapa waktu lalu Scandal juga menggelar konser di Jakarta.

4. GO! GO! 7188

Go Go!! 7188 biasanya hanya dipanggil dengan sebutan Gogo. Mereka adalah band rock Jepang yang aliran musiknya terpengaruh punk rock enka. Namun apa arti dari nama band ini, hanya mereka yang tahu. Mereka berada di bawah label EMI Music Japan. Beberapa album yang sudah mereka lahirkan adalah Go!!GO!GO!Go!!, Tategami, Best of GO!GO!, dan 569. Band ini dibentuk pada 1998 dan mengakhiri formasinya pada Februari 2012.

5. Red Bacteria Vacuum

Band rock wanita yang satu ini bertahan lebih dari satu dekade. Meskipun beberapa kali mengalami rotasi anggota, namun penampilan rock mereka tetap kental, tak berubah. Band punk asal Osaka ini dibentuk pada 1998. Anggotanya terdiri dari Ikumi, Kassan, dan Jasmine. Band ini pindah ke Tokyo pada 2000. Album pertama mereka ‘Roller Coaster’ dirilis pada ‘Januari 2006.

6. Shonen Knife

Band yang satu ini berada di bawah naungan Virgin Records. Di Jepang, mereka bernama Shonen Naifu. Seluruh personelnya adalah wanita dan memilih aliran Jepang pop punk. Shonan Knife terbentuk di Osaka, Jepang pada 1981. Anggotanya adalah Naoko Yamano, Michie Nakatani, Atsuko Yamano, dan Etsuko Nakanishi. Beberapa lagu populernya berjudul Super Group, Top of The World, Banana Chips, dan Buttercup.

7. Cibo Matto

Cibo Matto adalah band yang aslinya berasal dari New York City, Amerika Serikat, namun dibentuk oleh dua wanita Jepang, Yuka Honda dan Miho Hatori. Band ini berdiri pada 1994. Sederet album populer mereka adalah Viva! La Woman, Stereo, Type A, dan Working for Vacation.

8. Noodles

Ini adalah band rock alternatif Jepang yang terdiri dari tiga anggota, yaitu Yoko, Ayumi dan Ikuno. Band ini berasal dari Yokohama, di mana mereka pertama kali tampil dalam sebuah pertunjukan. Noodles sering menjadi bintang tamu di festival musik Jepang. Contoh album yang ikut menyukseskan karier mereka antara lain God Cable, Long Long Chain, 6 Colors, dan Slow Coaster.