Keren, Musisi Taiwan Nyanyikan Lagu Band Indonesia

Semua orang dari seluruh penjuru dunia mayoritasnya sangat menyukai musik. Tidak hanya para remajanya saja yang menyukai musik tapi para orang tua dan anak kecil juga sangat menyukainya. Jenis musik yang didengar pun berbeda tergantung dengan kesukaan mereka.

Kita sebagai warga Indonesia tentunya tidak hanya menyukai lagu dalam negeri saja melainkan kita juga menyukai lagu-lagu dari luar negri juga. Tapi apakah kita pernah berpikir apakah orang luar negeri juga menyukai lagu Indonesia?

Siapa sangka dan siapa duga kalau ternyata lagu Indonesia tidak hanya tenar di dalam negeri, pasalnya banyak juga orang luar yang doyan mendengarnya. Misalnya saja lagu “Cari Jodoh” milik Wali dulu yang sampai diterjemahkan dalam banyak bahasa.

Kalau ditanya negara mana yang paling doyan lagu Indonesia, jawabannya ternyata cukup mengejutkan. Ya, Taiwan rupanya termasuk dalam penggemar lagu-lagu kita dibanding masyarakat dari negara lain.

Mungkin hal ini agak susah untuk dipercaya, namun ada bukti nyatanya. Ya, buktinya tak lain adalah beberapa lagu hits kita yang diaransemen ulang ke dalam versi mereka. Uniknya, lagu yang mereka ubah tetap mempertahankan bagian-bagian asli dan perubahannya hanya sedikit. Lalu lagu-lagu Indonesia mana yang sangat laris di sana? Simak ulasannya berikut. Sssst penyanyinya juga cakep-cakep lho.

A. Andra and The Back bone

Band ternama Andra and The Backbone yang terkenal dengan lagunya yang berjudul “sempurna” ini ternyata lagunya juga melejit hingga ke Taiwan dan Korea. Memang sih di Indonesia sendiri lagu Sempurna milik band ini sudah sangat populer bahkan hingga saat ini.

Ini juga lah yang menyebabkan lagu sempurna Andra the Backbone akhirnya dibuat versi dengan bahasa Mandarinnya oleh salah satu label rekaman. Meskipun akhirnya lagu ini dinyanyikan oleh artis lain, namun jelas sudah meminta izin dari label Andra and the Backbone. Jadi mulai sekarang jangan kaget kalau banyak orang Taiwan yang hafal dengan lagu Sempurna.

B. Sheila On Seven

Band legendaris Indonesia ini ternyata salah satu lagunya juga melejit di luar negeri, salah satunya di Taiwan. Ya, seperti Andra and The Backbone, produser Taiwan mengaku kepincut dengan lagu berjudul Sephia.

Akhirnya lagu tersebut dibuat dalam versi Mandarinnya untuk dinyanyikan oleh salah satu penyanyi terkemuka di sana. Akhirnya lagu Shepia versi mandarin selalu menghiasi acara MTV yang ada di Taiwan setiap harinya. Uniknya, nama Eros Chandra sang aransemen lagu ini juga tidak mengubah lagu ini sampai sekarang.

C. Samsons

Grup band ini pernah menggebrak belantika musik di tanah air dengan lagu-lagu romantisnya. Yang paling sering diingat adalah lagu “Kenangan Terindah” yang bahkan sampai saat ini tidak bisa lepas dari ingatan orang Indonesia.

Kita ingat waktu itu, hampir semua orang bahkan sampai hafal seluruh lirik lagu kenangan terindah. Namun siapa sangka kalau ternyata yang doyan mendengar lagu tersebut bukanlah orang Indonesia saja.

Pasalnya perusahaan musik Taiwan ternyata juga melirik lagu tersebut. Akhirnya grup band Four Season didaulat untuk menyanyikan lagu tersebut dalam versi mandarinnya. Ternyata di sana, lagu Kenangan Terindah itu juga banyak diterima oleh masyarakatnya.

D. Project Pop

Lain lagi dengan grup band ini yang lebih dikenal dengan lirik lagunya yang kocak dan dengan musik yang unik, ternyata lagu mereka juga dilirik oleh Taiwan. Uniknya lagu yang dilirik oleh Taiwan ini adalah “Dangdut is Music of My Country”.

Perusahaan musik Taiwan ini ternyata tertarik dengan musik unik yang ada dalam lagu itu. Karena dibuat versi Taiwan, jelas makna lagu yang ada 100% diremake oleh perusahaan musik Taiwan. Tidak apa-apa, paling tidak rasa dangdutnya masih terasa di lagu tersebut.

E. Irwansyah dan Acha Septriasa

Ternyata lagu ini lebih populer ketimbang filmnya. Akhirnya lagu yang berjudul “My Heart” karangan Melly Goeslaw itu menjadi sangat populer. Lagu yang dinyanyikan oleh Irwansyah dan Acha Septriasa itu memang sudah banyak memenangkan banyak penghargaan pada waktu itu.

Jadi wajar saja kalau salah satu label Taiwan jadi kepincut dengan lagu tersebut. Akhirnya seorang penyanyi China yang menetap di Malaysia menyanyikan My Heart dengan versi Mandarinnya.

Para musisi di atas telah membuktikan kalau ternyata kualitas musik di Indonesia tidak kalah dengan di luar negeri. Bahkan saking doyannya dengan musik Indonesia, sampai-sampai diremake ulang seperti itu. Kita mesti bangga dong sebagai orang Indonesia. Semoga musik dalam negeri tetap berjaya.